Senin, 08 Juni 2015

Pengertian Keterampilan Berbahasa Menyimak dan Jenis-Jenisnya



  1. Pengertian Menyimak

    “Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang lisan-lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang tidak disampaikan oleh si pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan”. (Tarigan: 1983). 
    Peranan menyimak dalam berbahasa adalah sebaai sebuah keterampilan yang membutuhkan knsentrasi, ketelitian, dan membutuhkan latihan. Disebut keterampilan karena melibatkan aspek fisik.  Sifat menyimak adalah lisan dan reseptif. 
    Perlu dibedakan antara mendengar, mendengarkan dan menyimak. Namun ketiganya saling berhubungan, membutuhkan indra pendengaran.
    Mendengar yaitu tertangkapnya rangsangan bunyi oleh indra pendengar saat kita sadar akan bunyi tersebut. Mendengarkan yaitu keadaan mendengar dengan sengaja dan penuh perhatian pada apa yang didengar. Menyimak yaitu keadaan mendengarkan dengan penuh perhatian, pemahaman, dengan intensitas yang sangat tinggi.

    2. Jenis-Jenis Menyimak

    A. Menyimak kritis yaitu kegiatan menyimak yang berusaha mencari kesalahan atau kekeliruan bahkan juga butir-butir yang benar dari ujaran seorang pembicara dengan alasan-alasan yang kuat yang dapat diterima oleh akal sehat. Berikut 10 usaha menyimak kritis :
    1. Memperhatikan ketepatan bahasa ujaran
    2. Menentukan alasan-alasan
    3. Memahami makna petunjuk konteks
    4. Membedakan fakta dengan fantasi
    5. Menarik kesimpulan
    6. Membuat keputusan
    7. Menemukan pemecahan masalah
    8. Memberikan informasi baru
    9. Menginterpretasikan ungkapan dan istilah baru
    10. Bertindak objektif dan evaluatif

    B. Menyimak Konsentratif yaitu kegiatan untuk menelaah pembicaraan atau hal yang disimaknya. Berikut adalah aneka kegiatan menyimak konsentratif :
    1. Mencari iformasi
    2. Mencari hubungan
    3. Memperoleh pemahaman
    4. Meghayati ide-ide
    5. Mencatat fakta-fakta
    6. Mengikuti petunjuk
    Hal ini diperluka konsentrasi penuh dari penyimak agar ide pembicara dapat diterima dengan baik. Contoh ketika mahasiswa mengikuti tes TOEFL sesi listening, ia menyimak kosentratif agar dapat memahami maksud pembicara dengan tepat.

    C. Menyimak Kreatif yaitu menyimak yang dapat menyebabkan kesenangan konstruktif imajinatif para penyimak terhadap bunyi, penglihatan, gerakan, serta perasaan-perasaan kinestetik yang disarankan. (Dawson 1963:153). Kegiatan menyimak kreatif diantaranya :
    1. Mengasosiasikan makna-makna dengan pengalaman menyimak
    2. Merekontruksi imaj-imaji visual
    3. Mengadaptasikan imaji-imaji dengan pikiran imajinatif dalam karya
    4. Memecahkan masalah, memeriksa, dan mengujinya.

    D. Menyimak eksploratif yaitu kegiatan menyimak intensif dengan maksud dan tujuan menyelidiki sesuatu agar lebih terarah dan lebih sempit. Kegiatan menyimak eksploratif ini meliputi :
    1. Menemukan hal baru
    2. Menenmukan informasi tambahan
    3. Menemukan isu menarik

    E. Menyimak interogatif yaitu kegiatan menyimak yang menuntut konsentrasi dan selektivitas. Pemusatan perhatian karena penyimak akan mengajukan pertanyaan setelah selesai menyimak.

    F. Menyimak selektif yaitu kegiatan menyimak yang dilakukan dengan menampung aspirasi dari penutur atau pembicara dengan menyeleksi dan membandingkan hasil simakan dengan hal yang relevan.

    1 komentar:

    1. terima kasih informasi tentang pengertian menyimak ini sangat bermanfaat... ditunggu kunjungan baliknya... :)

      BalasHapus

     
    Copyright © . CATATANKU - Posts · Comments
    Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger