Jumat, 06 November 2015

Ciri-Ciri Penyimak Yang Baik

Ciri-ciri penyimak yang baik menurut Anderson

a. Sikap fisik dan mental
Penyimak yang baik adalah penyimak yang mempersiapkan diri untuk menyimak. Ia memiliki kesiapan fisik dan mental  seperti sehat, tidak lelah, mental stabil dan pikiran jernih.
b. Konsentrasi
Penyimak dapat memusatkan perhatian dan pikirannya terhadap apa yang disimak. Bahkan ia dapat menghubungkan apa ang disimak dengan apa yang ia ketahui.
c. Bermotivasi
Penyimak yang baik mempunyai motivasi atau punya tujuan tertentu. Misalnya ingin menambah pengetahuan atau ingin mempelajari sesuatu.
d. Objektif
Selalu tau apa yang dibicarakan dan sebaliknya penyimak selalu menghargai pembicara walaupun pembicara kurang menarik penampilannya.
e. Menyimak secara utuh atau menyeluruh
Menyimak secara utuh atu keseluruhan, si penyimak tidak hanya menyimak hal yang disukai tapi menyimak secra keseluruhan
f. Selektif
Dapat memilih bagian-bagian yang dianggap penting dari bahan simakan, tidak semua ahan simakan diterima begitu saja, tetapi ia dapat menemukan bagian yang dianggap penting.
g. Tidak mudah terganggu
Tidak mudah terganggu oleh suara-suara yang lain di luar bunyi yang disimaknya. Andaikata ada yang membedakan perhatiannya dengan cepat ia kembali kepada bahan yang disimaknya.
h. Menghargai pembicara
Peny imak harus menghargai pembicara. Penyimak tidak boleh menganggap remeh terhadap pembicara
i. Cepat menyesuaikan diri dan kenal arah pembicaraan
Penyimak yang baik dapat dengan cepat menduga kearah mana pembicaraan bahkan mungkin ia dapat menduga garis besar isi pembicaraannya.
j. Tidak emosional
Penyimak yang baik dapat menyimak dengan bak terhadap pokok pembicaraan bahkan mungkin ia dapat mendua garis besar isi pembicaraan.
k. Kontak dengan pembicara
Penyimak yang baik mencoba mengadakan kontak dengan pembicara, misalnya dengan memperhatikan pembicara dan memberikan dukungan kepada pembicara melalui mimik, gerak atau ucapan tertentu.
l. Merangkum
Penyimak yang baik dapat menangkap isi pembicaraan atau bahan simakan. Misalnya dengan membuat rangkuman dan menyajikan atau menyampaikannya sesudah selesai menyimak. Namun perlu diingat selama  menyimak jangan hanya asyik membuat catatan-catatan apabila mencatat semua hal yang diucapkan atau disampaikan pembicara.
m. Menilai
Tahap menyimak yang baik adalah proses penilaian terhadap materi yang disampaikan.
n. Mendengarkan tanggapan
Bagian terakhir dari proses menyimak ialah mengevaluasi bahan simakan. Penyimak mengungkapkan tanggapan atau reaksi, misalnya dengan megemukakan komentar. Reaksi akan terpancar dari ucapan-ucapan yang pendek seperti wah, menarik sekali, bagus, setuju, sependapat dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . CATATANKU - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger